1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11

Administrator

Tips Memilih Sekolah Yang Terbaik




Tahun pelajaran baru bentar lagi tiba. Bapak/ibu pastinya sudah banyak mencari neferensi sana sini untuk memilihkan sekolah yang terbaik untuk putra/putrinya. Tidak gampang memilih sekolah yang sesuai harapan orang tua dan anak. Pastinya harus detail mendapat informasi dari sekolah tersebut.
Sekolah yang bagus biasanya memiliki jumlah siswa yang banyak dan digemari banyak wali murid. Selain itu, pelayanan dalam mendidik anak dan kualitas guru mengajar juga mendukung sekolah tersebut digemari banyak orang. Nah, bapak/ibu harus jeli dan jangan tergesa-gesa memilih sekolah, pilihan yang kurang tepat bisa merugikan anak.
Menurut pengalaman penulis, berikut tips yang bisa digunakan untuk memilih sekolah yang terbaik buat putra/putrinya:
Pertama, gali informasi dari wali murid yang anaknya sudah belajar di sekolah tersebut. Pasti banyak informasi yang kita dapat dan kita pun bisa detail bertanya mengenai pelayanan pendidikan, kualitas guru dan managemen sekolah.
Kedua, bertanya pada masyarakat sekitar. Biasanya lingkungan sekitar juga bisa menilai dan mengetahui kualiatas sekolah yang ada di lingkungan tersebut.
Ketiga, carilah di website atau di media sosial tentang kegiatan yang telah dilaksanakan di sekolah tersebut. Sekolah yang sering mengupload kegiatan sekolah biasanya memiliki schedule atau jadwal kegiatan yang terencana dengan managemen pimpinan sekolah yang terukur. Selain itu juga sebagai ajang promosi bagi sekolah tersebut.
Keempat, carilah info dari Dinas Pendidikan setempat mengenai raport atau nilai sekolah yang akan dituju. Dinas Pendidikan biasanya selalu menilai 8 standar pendidikan diantaranya Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan dan Standar Penilaian. Hasil penilaian bisa tertuang pada akreditasi sekolah. peringkat akreditasi A menunjukkan managemen delapan standar di sekolah tersebut baik dan layak untuk dipilih.
Kelima, lihat prestasi yang diraih pada sekolah tersebut baik akademik maupun non akademik. Prestasi siswa dan guru menunjukkan kualitas sumber daya manusia yang mumpuni dan berdaya saing. Selain itu, semakin banyak prestasi pada sekolah tersebut menjadikan posisi sekolah semakin unggul, berdaya saing dan memiliki “nilai jual” di masyarakat luas. Semoga bermanfaat.. J