1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11

Administrator

KITA ADALAH ROLE MODEL ANAK KITA...





Teruntuk Ayah Bunda,
Sepakatkah dengan pernyataan bahwa anak kecil adalah peniru ulung?
Anak adalah individu yang gemar melakukan imitasi dan juga modeling. Salah satunya adalah peran orangtua sebagai role model dari anak. Secara naluriah, anak akan selalu mengikuti perilaku dan juga tindakan yang sering dilakukan oleh orangtua, ataupun orang yang lebih tua seperti kakaknya, atau pengasuhnya.
Sebagai orang tua, kita adalah sosok pertama, terdekat, dan tersering yang akan di lihat anak dalam kehidupannya sejak ia lahir, maka dari siapa lagi mereka akan banyak meniru berbagai macam perilaku, kalau bukan dari kita, orang tuanya?
Orang tua lah yang akan menjadi role model utama bagi anak. Entah itu baik atau buruk, anak akan menjadikan kita sebagai cermin dan figur bagi mereka.
Sebagai contoh misalnya, orang tua yang memerintahkan dan menasihati anak untuk berbuat lembut, tidak meninggikan suara, dan tidak berlaku kasar, namun justru seringnya yang dilihat anak adalah orang tua sebagai sosok yang sering ngomel-ngomel, membentak, dan bahkan memukulnya.
Manakah yang jauh lebih berbekas di ingatan anak?
Di banding nasihat panjang lebar orang tua yang ternyata tidak sesuai dengan perbuatannya, justru perilaku negatif orang tua (yang selalu terulang lah) yang akan berbekas, terekam dalam ingatannya, dan kemudian akan ditiru atau diingat oleh anak.
Ada sebuah penelitian yang dilakukan yang dilakukan oleh Albert Bandura terhadap seorang anak kecil yang diletakkan dalam suatu ruangan, dimana ia diberikan tontonan video kekerasan. Setelah menonton tayangan tersebut, anak itu diajak ke suatu ruangan, lalu di tinggal sendirian dengan satu buah boneka yang juga berada disana.
Lantas apa yang anak itu lakukan? Bermain boneka, menggendong, sambil mengayunnya?
Bukan...
Anak itu justru memukul, menginjak-injak, dan membanting boneka tersebut. Meniru perilaku yang terekam dalam pikirannya saat ia menonton tayangan kekerasan.
Children see, children do.
___
Banyak yang bercita-cita mau punya anak sholih,
yang rajin sholat, penghafal Al-Qur'an, dan berkata jujur, sementara ia lupa mensholihkan dirinya terlebih dahulu,
Sering bolong sholatnya, meninggalkan Al-Qur'an berdebu tak tersentuh, dan justru menyuruh anak berbohong saat ada tamu yang datang yang tidak ingin ditemuinya.
Pantaskah demikian?
Mengingat kita lah sosok terdekat dan tersering yang akan anak lihat dan tiru, jadikanlah diri kita sebagai role model yang memang pantas untuk di tiru.
Terdepan melakukan perbuatan baik yang kita harap akan dilakukan anak. Terdepan meninggalkan keburukan yang kita harap akan dijauhi anak.
Mulai-lah mendidik anak dengan perbaikan diri..
Karena, kesholihan orang tua bukan hanya akan berdampak pada baiknya pula perilaku anak (karena meniru orang tuanya)..
Lebih dari itu, kesholihan orang tua merupakan sebab datangnya hidayah, rizki, kebaikan, keselamatan, dan penjagaan dari Allah untuknya..
___
Semoga Allah memudahkan kita dalam memperbaiki diri, sehingga menjadikannya sebagai sebab datangnya banyak kebaikan untuk anak-anak kita.
Wallahu’alam bishowab
___
Salam,
-Pena Biru-
Sumber :
https://www.facebook.com/elhanalearningkit/posts



Tips To Get Cheap Car Insurance | insurance-1st.blogspot.com
Looking for the best car insurance deals? This guide will take you through the best way to get cheap car insurance and explain how to use online comparison sites, best buy articles and insurance brokers. Our five-step guide could save you hundreds of pounds on car insurance.

Auto insurance can be a major cost for motorists who