Salah satu keberhasilan guru mengajar
adalah penggunaan metode yang benar dan sesuia materi yang disampaikan. Metode
sebagai cara guru yang digunakan untuk menyampaikan materi di kelas. Berbagai
macam metode bisa dikuasai guru namun harus disesuaikan dengan materi yang
sesuai. Contoh materi sholat, guru tidak hanya menggunakan metode ceramah
tetapi harus dikolaborasikan dengan metode praktek dan drill. Hal tersebut bisa
mendukung pembelajaran dan mempermudah guru menyampaiakn materi. Jika guru
menggunakan metode yang serampangan tanpa disesuiakan dengan materi berakibat
materi tidak tersampaikan dengan tuntas malahan tujuan pembelajaran tidak tersampaikan.
Selain itu, guru juga harus paham
penggunaan metode karena penggunaan yang tepat juga menentukan keberhasilan
mengajar. Guru perlu menghindari penggunaan metode yang monoton karena
berdampak pada kesiapan anak menerima materi. Tonggak keberhasilan mengajar ada
pada guru. Maka dari itu, merencanakan, mempersiapkan dan mengevaluasi
pembelajaran menjadi penting demi keberhasilan pembelajaran. Pembelajaran harus
direncanakan, kalau tidak bisa berakibat pada kegagalan pembelajaran.